OS android dari versi 1.0 hingga 8.0

Evolusi android kita mulai dari yang pertama 

1. Android 1.0 (2008)
Versi android pertama kali yang dirilis pada tanggal 23 September 2008.

2. Android 1.5 Cupcake (2009)
Pada Cupcake, Google juga memperkenalkan SDK widget untukdeveloper pihak ketiga. Gunanya agar aplikasi pihak ketiga bisa memiliki widget sendiri layaknya aplikasi bawaan Google.
Dua pembaruan signifikan pada Cupcake juga meliputi kemampuan perekaman video dengan kamera ponsel, serta kemampuan keyboardlayar sentuh.

3. Android 1.6 Donut (2009)
 Versi ini dirilis bertujuan memperbaiki Bug yang membuat Android ini lebih sempurna.

4. Android 2.0 Eclair (2009)
Dirilis pada Oktober 2009.
Sistem tersebut menjadi awal mula era GPS yang sekarang bukan cuma ada di ponsel, tapi juga di mobil-mobil modern. Eclair juga menjadi Android pertama yang mendukung HTML5 pada peramban sehingga bisa memutar video.

5. Android 2.2 Froyo (2010)
Dari segi tampilan, Android Froyo memungkinkan lima panel layar depan alias home screen. Sebelumnya, batas panel cuma sampai tiga saja.Resmi diterbitkan pada bulan Mei tahun 2010.

6. Android 2.3 Gingerbread (2010)
Pada versi android 2.3 ini Google menambahkan fitur baru NFC, internet Calling, Download Manager.

7. Android 3.0 Honeycomb (2011)
Sistem operasi ini mendukung kemampuan tombol virtual untuk homeback, dan menu, untuk pertama kalinya.Khusus untuk versi Honeycomb ini diperuntukkan Tablet. Karena pada tahun tersebut tablet semakin populer.

8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich (2011)
Beberapa pembaruan fitur lainnya mencakup kemampuan membuka layar menggunakan wajah (face unlock), analisa penggunaan data internet, serta paket aplikasi bawaan dari vendor yang mencakup kalendar, mail, kalkulator, dan lainnya.Sistem operasi Android tersebut bersumber dari Linux kernel 3.0.1, yang kemudian dirilis pada bulan Oktober tahun 2011. Versi ice cream sandwich ini mengalami perubahan yang baru khusunya pada desain yang makin halus, sederhana, indah dan pintar.

9. Android 4.1 Jelly Bean (2012)
versi Android yang membawa pembaruan cukup signifikan Salah satunya, Jelly Bean memungkinkan pengguna menggulir (scroll) cepat home screen ke bawah untuk melihat kumpulan informasi penting, seperti agenda, email, dan laporan cuaca.

10. Android 4.4 KitKat (2013)
Versi Android ini memberikan suasana yang segar dengan pembaruan antarmuka beraksen putih dan biru muda.Pada KitKat, Google menghadirkan perintah pencarian menggunakan suara atau disebut "Ok, Google".Android Versi KitKat ini paling banyak dipakai pada smartphone masa kini dan juga versi terpopuler karena beberapa kelebihan fitur yang dimilikinya.

11. Android 5.0 Lollipop (2014)
pembaruan yang mencolok pada Lollipop tampak dari sisi desainnya yang diperhalus dan disesuaikan dengan zaman.Satu-satunya yang lumayan baru adalah dukungan untuk gambar berformat RAW. Format itu memungkinkan para ilustrator, fotografer, atau graphic designermenyimpan file dengan ukuran besar agar bisa diedit tanpa mengurangi kualitas.

12. Android 6.0 Marshmallow (2015)
Menu aplikasi pada Android Marshmallow benar-benar dibuat baru. 
Keamanan juga mendapat peningkatan pada versi ini. Google memungkinkan vendor menyematkan sensor pemindai sidik jari karena sudah didukung Marshmallow.Secara resmi Pertama kali dikenalkan dan dirilis pada Oktober tahun 2015.

13. Android 7.0 Nougat (2016)
Google menghadirkan Nougat secara resmi untuk publik.
Pembaruan paling mendasar pada versi Nougat adalah kehadiran Google Assistant yang menggantikan Google Now.Fitur-fitur baru lainnya mencakup layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze yang telah dikenalkan di versi Android Marshmallow namun telah ditingkatkan. Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google.


14. Android 8.0 Oreo (2017)
Google sudah resmi mengumumkan Android Oreo pada Senin (21/8) di New York, Amerika Serikat.Android O membawa beberapa fitur unggulan yang lebih menarik dibanding sebelumnya. Selain itu, terdapat juga peningkatan keamanan yang diberi nama Google Play Protect.

0 Response to "OS android dari versi 1.0 hingga 8.0 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel